Laman

02 Oktober 2009

Pengetahuan Penerbangan

ALKOHOL DAN TERBANG, KOMBINASI YANG MEMATIKAN


Minuman beralkohol, yang digunakan oleh banyak orang untuk “melepas stress” atau bersantai, sebagai "pemecah kekakuan" dalam pergaulan, adalah suatu cara untuk mengubah suasana dengan mengurangi hambatan dalam bergaul. Konsumsi alkohol secara luas diterima di masyarakat yang majemuk ini, sering kali menjadi acara pertama dari pergaulan sosial dan perayaan-perayaan.

Bersama dengan rokok, banyak anak remaja mengaitkan pemakaian alkohol sebagai suatu jalan untuk menjadi dewasa. Penggunaan alkohol semakin "lazim" dan bisa diterima di dalam masyarakat yang mengaku "modern" ternyata mendatangkan permasalahan dalam aktivitas yang terkait dengan keselamatan, seperti mengemudi mobil atau menerbangkan pesawat terbang. Permasalahan ini diperburuk oleh kepercayaan yang umum bahwa kecelakaan-kecelakaan "terjadi kepada orang lain, tetapi tidak akan terjadi pada saya.”

Ada suatu kecenderungan pada peminum alkohol untuk melupakan bahwa menerbangkan pesawat terbang adalah suatu tugas yang sangat menuntut pengertian (kerja otak) dan psikomotor yang berlangsung dalam satu lingkungan tidak ramah, di mana para pilot berada pada banyak tekanan/stress dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: